Memantau Aktifitas Internet dengan NetLimiter 2

Bagaimanakah Anda bisa mengetahui sejauh mana koneksi broadband Anda digunakan? Ada sebuah aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk mengungkapkannya. Dengan koneksi broadband biasanya akses internet dalam banyak user akan tetap mengalami pelambatan proses upload-download. Ada baiknya Anda mengetahui apa yang terjadi pada koneksi seperti itu di belakang layar.
Kita akan gunakan aplikasi gratis bernama Netlimiter 2 untuk memantau trafik internet yang melalui koneksi broadband Anda.
1. Kita mulai dengan mengunduh Netlimiter 2 Monitor. Unduhan ini adalah versi 32-bit Netlimiter 2 Monitor (yang merupakan freeware). Silahkan masuk ke www.netlimiter.com dan pilihlah NetLimiter 2 yang gratis. Anda bisa mengunduh file tersebut di mirror ini. Simpanlah file unduhan itu ke lokasi folder yang Anda tentukan di PC.
Memantau Aktifitas 
Jaringan dengan Netlimiter
2. Jalankan file ‘nl_2011_mon.exe’ atau ekstrak dulu jika berformat ZIP untuk memulai instalasi. Akan muncul wizard, terima saja semua opsi default yang ditawarkan (kecuali jika Anda ingin mengaturnya sendiri). Pada langkah terakhir, Netlimiter 2 Monitor akan meminta untuk restart PC. Klik Finish untuk melakukannya.
Memantau Aktifitas 
Jaringan dengan Netlimiter
3. Setelah Windows restart, Netlimiter 2 Monitor akan segera berjalan, ditandai dengan ikon baru pada Notification Area. Untuk menampilan jendela Netlimiter 2 Monitor, klik-kanan ikon tersebut dan pilih Open dari menu pop-up.
Memantau Aktifitas 
Jaringan dengan Netlimiter
4. Maka Netlimiter 2 Monitor akan mendeteksi aplikasi yang secara aktif menggunakan koneksi internet dan menampilkannya sebagai list pada bagian utama jendela program itu. Program-program itu ada di list berdasarkan namafilenya sehingga tidak bisa selalu dengan cepat dikenali. Perbaiki ini dengan meng-klik-kanan salah satu entri pada list, lalu pilih ‘Show application name’ dan centangi Description. Sekarang, Netlimiter 2 Monitor akan menampilkan list nama-nama aplikasi yang dikenalnya (misalnya Internet Explorer).
Memantau Aktifitas 
Jaringan dengan Netlimiter
5. Kotak di sebelah kanan pada tiap entri di bawah list Connection menunjukkan angka-angka kecepatan akses yang digunakan oleh tiap aplikasi, termasuk incoming (downloading) dan outgoing (uploading). Gunakan menu dropdown Units untuk mengubah tipe satuannya. Misalnya, gunakan Mbits/sec karena sebagian besar internet service providers (ISP) menggunakan ukuran ini. Kita lihat bahwa Internet Explorer saat itu menggunakan 5.92Mbits/sec dari koneksi broadband sebesar 8Mbits/sec, karena IE sedang memainkan video di Youtube.
Memantau Aktifitas 
Jaringan dengan Netlimiter
6. Ada banyak lagi yang bisa dieksplorasi di menu-menu Netlimiter 2 Monitor. Tekan saja tombol F1 untuk menampilkan instruksi lengkapnya. Berikut ini tip terakhir yang mungkin berguna untuk Anda: Untuk melihat data penggunaan total koneksi internet selama periode tertentu, klik-kanan nama aplikasi pada list Connection dan pilih Stats. Gunakan filter-filter pada sisi kiri kotak dialog Stats untuk fokus pada peride waktu tertentu, atau untuk mengganti unit satuan ukuran. Di situ juga bisa dilihat total penggunaan internet – dengan cara sama yaitu klik-kanan nama komputer pada Connection dan pilih Stats (bisa berguna bagi pelanggan koneksi internet berbasis quota).
Memantau Aktifitas 
Jaringan dengan Netlimiter

0 komentar on Memantau Aktifitas Internet dengan NetLimiter 2 :

Posting Komentar